Namanya juga puasa, jadi selama bulan Ramadhan, umat muslim nggak boleh makan dan minum dari terbit fajar sampat nantinya matahari terbanam. Kayak nya sih nggak afdol kalok cuma itu doang. Sebab, kalau lagi puasa lo juga harus menjaga pikiran, perkataan dan perbuatan. Nah, itu yang agak sulit kan?

Hal itu termasuk dari apa yang kita tonton lho. Kalau film dan serial yang bakal gue bahas di bawah ini, udah jelas nggak boleh lo tonton sama sekali selama puasa, bahkan pas udah buka puasa. Mending kalau bisa lo hindari aja deh karena kalo lo masih terbayang-bayang sama sala satu adegan film ini takutnya terganggu sama puasa keesokan hari lho. Nah, lo nggak percaya? Yuks simak.

Fifty Shades of Grey

Lo pasti tahu alasan film ini disebutin duluan. Jelas, soalnya film “romantis” ini sebagian besar diisi sama adegan yang manjain mata banget. Enggak cuma adegan ciuman yang ada di fim ini, tapi juga adegan “menarik” lainnya yang udah masuk kategori BDSM (cari sendiri aja kepanjangannya). Film keduanya pun sama aja. Biarpun enggak mengumbar adegan “romantis” sebanyak film pertama, tetap aja intensitas hubungan Ana dan Christian bisa bikin lo deg-degan. Bahaya kalau pas puasa lo terbayang adegan ranjang fenomenal antara Ana dan Christian. Mending jangan ditonton dulu deh biar lo tetap dapat pahala selama puasa dan puasa lo enggak batal.

Game of Thrones

Emang sih serial ini kece banget. Ceritanya kompleks. Perebutan tahta di film ini seru dan bikin lo lupa waktu kalau udah nonton. Namun lo enggak boleh mengabaikan fakta bahwa serial ini penuh cewek telanjang dan adegan erotis. Coba aja lo nonton pas lagi puasa. Biarpun niatnya lo mau skip setiap adegan syur yang ada, pasti ada aja keinginan buat enggak tetap melototin adegan yang memanjakan mata itu. Biarpun katanya setan dipenjara selama bulan puasa, setan yang ada dalam hati lo enggak pernah tidur guys. Mereka selalu berusaha bikin ibadah lo enggak diterima Tuhan. Jadi, mending lo juga puasa nonton serial ini dulu, ya!

Basic Instinct (1992)

Film ini ngumbar banget keseksian Sharon Stone yang berperan jadi Catherine Tramell. Tramell adalah seorang penulis novel kriminal yang dicurigai Nick Curran (Michael Douglas), sang detektif sebagai pembunuh. Namun karena Curran jadi terlibat affair sama Tramell, akhirnya penilaian Curran jadi bias. Memang bener ya, masalah yang bisa ngejatuhin seorang pria adalah harta, tahta dan wanita.

Basic Instinct juga merupakan salah satu film yang katanya punya adegan ranjang yang benar-benar dilakuin. Soalnya terlihat alami dan ngalir banget. Orgasmenya juga kayak beneran. Makanya kalau nonton film ini saat puasa, bisa-bisa lo terbawa suasana. Bahaya, ‘kan, kalau lo jadi kepikiran macam-macam. Puasa lo jadi enggak berkah deh.

Two and a Half Man (2003—2015)

Serial yang ngisahin Charlie, Alan dan Jake Harper yang tinggal di sebuah rumah besar di Malibu ini sebetulnya kocak banget. Namun kehidupan percintaan yang digodok di serial ini cukup intens. Meski merupakan serial komedi, Two and aHalf Man punya cukup banyak adegan ciuman di setiap episodenya. Bahkan enggak jarang Charlie yang sering gonta-ganti pacar selalu dekat sama cewek seksi nan montok. Hiburan banget sih buat para cowok, tapi jadinya keberlangsungan puasa lo terancam. Soalnya gue yakin banget enggak mungkin lo enggak teringat salah satu adegan “seksi” di serial ini setelah nonton. Jadi mending nontonnya habis Lebaran aja guys.

Love (2015)

Wah, yang ini jangan deh. Sama sekali jangan. Bahkan kalau pun lo enggak nonton saat bulan puasa, lo bakal kaget sejak menit pertama film dimulai. Film Perancis emang kadang-kadang suka mengeksplorasi hal-hal yang bikin gagal paham, termasuk eksplorasi kehidupan seksual seseorang. Saking mengeksplorasinya, film ini sampai terlalu terbuka. Para pemainnya tampil dalam adegan ranjang tanpa sensor! Makanya film ini juga menuai cukup banyak kritik negatif yang bilang bahwa Gaspar Noé, sang sutradara sama sekali enggak ngerti cara ngedit film

Gue udah kasih peringatan buat lo jauh-jauhin film dan serial di atas selama puasa. Intinya, selama lo bisa jaga pandangan, niscaya pikiran, perkataan dan perbuatan lo juga bakal terjaga. Jadi, selamat puasa, guys!