Tulungagung merupakan suatu kota di Jawa Timur yang terletak di pesisir selatan. Kota ini terkenal mempunyai potensi wilayah perairan yang cukup luas. Tidak heran jika Tulungagung menjadi salah satu penghasil perikanan tangkap yang dapat di suplay ke kota-kota tetangga. Dengan wilayah perairan yang mendominasi di kota terpencil ini dapat kita temukan banyak para Jomblo Lovers, hehe. Pantai Mungil nan indah, eksotis dan kealamiannya pun sangat amat terjaga.

Nah, bagi kalian-kalian yang suka bertualang dan blusukan ke alam bebas sekaligus ingin menikmati segarnya udara pantai, saya rekomendasikan beberapa pantai kecil di Tulungagung ini yang cocok untuk pelarian setelah jenuh dengan pacar atau aktivitas sehari-hari. Bukan cuma pemandangan yang indah saja yang ditawarkan, saya juga dapat menjamin kenyamanannya dan pastinya akan membuat kalian rindu untuk kembali kesini.

Pantai Coro

Pantai Mungil pertama yang saya absen dari ujung barat diduduki oleh Pantai Coro. Pantai ini terletak di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Popoh, maklum sajalah, beberapa pantai-pantai yang ada di daerah Tulungagung mempunyai posisi yang berdekatan satu dengan yang lain pantai saja berdekatan, kenapa aku dan kamu nggak? hikz. Untuk menjangkau pantai ini bisa dilakukan dengan trakking sekitar 45 menit atau bawa montor sendiri dan bisa juga kita menyewa ojek yang ditawarkan penduduk setempat. Nah, tiket masuk pantai ini sangat terjangkau banget, cuma 5ribu rupiah dan kita bisa menikmati beragam pantai. Jika dari pusat kota Tulungagung, jarak yang perlu ditempuh sekitar 30km.

Apa yang bisa kita dapat dari pantai ini? Pantai ini cocok buat kalian yang suka berlibur dengan tujuan untuk refleksi diri atau mencari ketenangan. Karena Pantai ini belum terlalu terjamah oleh manusia.

Pantai Dadap

Pantai mungil kedua masih berada di wilayah kecamatan Besuki dan letak pantai ini berdekatan dengan pantai Coro. Untuk sampai di pantai ini, dari pantai Coro kita perlu trakking sekitar 30menit. Sebelum sampai pantai dadap ini diperjalanan dihidangkan suatu sabana yang ijo royo-royo dan tebing yang menjadi hantaman ombak sehingga menciptakan deburan yang wow banget. Apa yang menarik dari pantai dadap ini? Disini kita akan ditemani kokohnya deburan ombak di tebing kanan kiri pantai, deburan itu akan semakin menguatkan jiwa-jiwa yang rapuh akibat kebanyakan mantan kerjaan, hahaha.

Pantai Sioro

Pantai mungil ketiga jatuh pada pantai Sioro, pantai yang belum terlalu dijamah oleh manusia dan bisa kita rasakan kenaturalannya. Pantai ini secara administratif terletak di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggungunung, Kabupaten Tulungagung. Dari pusat kota menuju tempat ini berjarak sekitar 35km. Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah tempatnya yang masih asri dan jarang terjamah. Selain itu di pinggir pantai ini ada tebing karang sehingga bisa menikmati pantai dan karang sekaligus. Dan salah satu keunikannya adalah terdapat batu karang besar yang membentuk seperti pulau kecil jika kita menghadap laut lepas. Tetapi di pantai Sioro ini tidak disarankan untuk mandi karena keadaan ombak yang cukup tinggi. Untuk akses jalannya, bisa kita tempuh dengan berkendara montor, namun kita harus pandai memprediksi cuaca, karena apabila kita terjebak hujan kita akan kesulitan melewati akses jalannya. Maklum, pantai ini terletak dibalik perbukitan.

Pantai Godeg

Pantai Godeg ini juga merupakan sebuah pantai yang letaknya masih di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggungunung, Kabupaten Tulungagung. Sama seperti kebanyakan pantai di TulungAgung lainnya, Pantai Godeg ini juga masih tersembunyi dan akses menuju pantai Godek masih sedikit sulit sehingga masuk kategori salah satu wisata pantai yang masih belum banyak pengunjung, hanya warga sekitar saja yang beraktivitas seperti halnya memancing atau mencari rumput saja. Pemandangan di Pantai Godek ini juga sangat indah, tidak kalah dengan pantai-pantai yang lain.

Suasana pantai Godeg masih sangat alami. Lingkungan pantai masih banyak pohon-pohon dan tumbuhan hijau liar. Ombak pantai godeg masuk kategori besar. Warna air laut yang terlihat dari atas bukit sangat hijau dan bening bersih. Ada yang khas dari pantai Godeg ini, yaitu terdapat satu pohon yang berdiri tepat di tengah-tengah pesisir pasir pantai. Di pantai ini kita juga bisa berteduh santai menikmati indahnya pantai dibawah rimbunnya pohon.

Pantai Kedung Aqua

Pantai di point kelima ini terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Yang membuat pantai ini menarik adalah lubang alami pada karang yang membentuk laguna yang benar-benar cantik, air di laguna tersebut terlihat begitu biru, jernih dan seolah seperti kolam renang alami, sehingga siapapun yang datang ke pantai ini pasti tak tahan untuk segera berenang di dalamnya. Namun kehati-hatian perlu diperhatikan jika kita berenang di Pantai ini, mengingat keadaan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan tidak bisa diprediksi datangnya ombak besar menghampiri pantai ini. Untuk menuju tempat ini membutuhkan perjuangan karena kalipucung aksesnya juga tidak bisa ditempuh dengan mudah.

Kemanapun langkah kaki kita pergi, bawalah sampah kembali ! Bagaimanapun juga alam ingin disayangi..Supaya anak cucu kita bisa menikmati.. Keep travelling dan mari sayangi lingkungan.