Jepang adalah negara yang kaya dengan keragaman kehidupan modern dan tradisional. Di negara yang juga sering disebut Negeri Sakura ini kamu bisa dengan mudah menemukan kuil di balik tingginya gedung pusat perbelanjaan. Tradisi yang masih kuat dipegang ditengah majunya pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi memang jadi keunikan tersendiri.

Sayang, konon katanya Jepang masuk ke negara yang kurang ramah bagi pejalan dengan modal cekak. Ya, tingginya akan harga di negara ini membuat perjalanan ala backpacking kurang bisa dilakoni. Tapi selo, karena mitos itu gak selamanya benar kok, karena kali ini saya akan memberi trik agar kamu bisa manjalani backpacking murah ke Jepang.

Coba Deh Kamu Cari Tau Airline Yang Menawarkan Promo Penerbangan

Ya, biaya termahal yang harus kamu keluarkan demi mewujudkan pertualangan ke Negeri Sakura adalah ongkos tiket. Dalam kondisi normal, biasanya sih tiket untuk pulang pergi ke Jepang bisa dibanderol dengan harga 5 atau sampai dengan 8 juta. Tapi buat kamu yang dananya terbatas, jangan berkecil hati dulu. Dengan sedikit ketekunan dan kelihaian mencium kesempatan, tiket murah masih mungkin kamu dapatkan.

Intinya sih kamu jangan malas berkunjung ke situs budget airline yang sering menawarkan tiket promo. Jika kamu memesan jauh-jauh hari, tidak jarang harga yang bisa kamu dapatkan cukup bersaing. Bahkan, Mei lalu budget airlines yang banyak melayani rute Asia menawarkan tiket promo seharga 3 juta rupiah saja untuk perjalanan pulang pergi Kuala Lumpur bagi 2 orang. Iya, cukup Rp 1.500,000,0o per orang. Lumayan banget kan?

Pilih Musim Dingin Sebagai Waktu Keberangkatan Kamu Ke Jepang

Ingin tiket murah ya? tentu kamu harus mau sedikit berkorban dong. Nah, salah satu pengorbanan agar bisa dapat tiket murah adalah dengan menghindari peak season yang jadi incaran turis kebanyakan. Di Jepang, Haru (musim semi, bulan Mei-Juni) dan Natsu (musim panas, bulan Juli-September) adalah waktu paling menggoda untuk traveling. Saat itu Sakura mulai bermunculan, udaranya pun hangat dan menyenangkan. Wajar jika harga tiket di bulan-bulan tersebut melonjak tinggi.

Tapi biarkan turis berdompet tebal yang menikmati hangatnya cuaca di negara sakura tersebu. Kamu yang mau irit harus rela sedikit berpayah-payah. Trik untuk mendapatkan tiket murah adalah pergi saat Fuyu (musim dingin.) Maskapai penerbangan biasanya lebih loyal memberikan potongan harga untuk kepergian di musim dingin yang relatif sepi penumpang. Dan kamu juga jangan khawatir kehilangan kesempatan menikmati pemandangan di musim dingin. Ada beberapa destinasi wisata yang justru lebih cantik jika dikunjungi saat salju sedang banyak berkumpul di atas tanah.

Kamu Harus Pinter-pinter Untuk Memilih Penginapan

Nah guys, tiket kan udah kamu beli, kini saatnya untuk kamu memutar otak demi mendapatkan penginapan yang strategis. Negara Jepang emang terkenal banget dengan biaya transportasi yang tidaklah murah, maka dari itu ada baiknya kamu pilih penginapan yang akses ke berbagai lokasinya mudah. Berikut ini dua cara alternatif yang nantinya bisa kamu coba.

1. Backpacker Hostel

Dari situs macam HostelWorld kamu bisa dengan mudah memesan penginapan, bahkan jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Jepang. Pilihannya pun beragam, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tapi semurah apapun penginapan di Jepang, jangan harap kamu bisa dapat harga dibawah Rp 100.000,00 ala hotel kelas melati.

Jika beruntung, harga termurah untuk share dorm yang diisi 6 orang mengharuskanmu merogoh kocek sebesar 1.300 Yen atau sekitar Rp 160.000,00 . Harga nya sih cukup bervariasi tergantung kota tujuan yang kamu datangi, dan pilihan kamar yang dipilih. Kalau mau kamar yang cuma diisi 1-2 orang dan berkamar mandi dalam, siap-siap saja harus membayar lebih mahal.

2. Menginap Ala Couchsurfer

Kemudahan teknologi kini bisa jadi jembatan untukmu yang butuh tempat menginap murah di negara orang. Lewat situs Couchsurfing kamu bisa menemukan member couchsurfer red yang dengan senang hati membuka pintu tempat tinggalnya untuk kamu menumpang sementara.

Tidak hanya menawarkan tempat tinggal gratis, menginap ala couchsurfer juga memberimu kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal. Member couchsurfing yang kamu tumpangi itu bisa jadi orang yang mampu memberi saran perjalanan. Tidak sedikit juga yang masih tetap berhubungan baik dengan CS yang memberi tumpangan sekembalinya mereka ke tanah air.

Yang Terakhir Kamu Jangan Terlalu Ambisius Untuk Memilih Tempat Destinasi

Satu trik paling ampuh agar biaya jalan-jalanmu ke Jepang tetap terkontrol adalah dengan mengatur strategi dalam menentukan destinasi. Jepang terdiri dari 2 kepulauan besar, akan sangat mahal jika kamu berambisi untuk menaklukkan seluruhnya dalam satu waktu. Be considerate with your budget, tentukan destinasi yang terjangkau anggaranmu.

Tuntaskan dulu menjelajah Pulau Kyushu sebelum menyeberang Ke Honshu. Jangan buru-buru ingin ke Tokyo kalau tiket yang kamu dapat mengharuskanmu turun di Fukuoka. Tiap wilayah di Jepang punya keunikan dan keindahannya sendiri, yang layak untuk dijelajahi. Kalau masih belum menyambangi semua tempat, kamu juga selalu punya alasan untuk kembali kan?

Nah, jadi tunggu apalagi guys? cepatan deh angkat tas kamu terus kemas deh barang-barang kamu ke dalam koper. Negerti sakura yang penuh akan keindahan itu sudah menunggu untuk dapat kamu taklukan. Semoga berhasil ya gus. Have fun hihi..