Semua orang pasti akan memiliki pemikiran yang sama, bahwa jika berbicara mengenai gadget, perlakuan kita pasti akan sangatlah berhati-hati dalam menjaganya. Smartphone,misalnya.

“Nyatanya smartphone kita zaman sekarang memang rentan sekali rusak. Beda jauh pastinya dengan hape Nokia zaman dulu?” 

Dulu kalau ponselnya bermerek Nokia, perasaan was-was bakal rusak nggak pernah kamu rasakan. Seakan kalau handphone milikmu adalah Nokia, sudah ada jaminan bahwa nggak bakalan fisiknya kingkih dan mudah bermasalah. Dari Nokia 3310 yang dilabeli ‘indestructible’ hingga Lumia 520 yang pernah menyelamatkan nyawa polisi jadi bukti nyata kuatnya ponsel buatan Nokia. Melihat kuatnya ponsel-ponsel Nokia itu kan kita jadi penasaran. Melihat kejadian sedemikan, ponsel Nokia kok kuatnya nggak kira-kira gitu ya?

Di Finlandia sana, ternyata ada tradisi populer untuk melempar ponsel. Aneh-aneh aja ya…

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa kebanyakan dari kita pasti sangat akan merawat ponsel dengan penuh kehati-hatian. Coba deh tengok teman di sekelilingmu, pasti banyak dari mereka yang ponselnya dibelikan silicon case hingga hard case yang tak lain berguna untuk melindungi ponselnya dari kerusakan fisik. Namun sepertinya akan jauh berbeda dengan negara finlandia. Jangankan dibelikan silicon case, yang ada malah ponsel dilempar-lempar! Jadi jika kamu sudah bosan atau sedang marah dengan ponselmu yang performanya bikin kesel, silahkan datang saja ke Finlandia dan ikut kontes Mobile Phone Throwing World Championship. Yah, siapa tahu kamu menang dan dapat hadiah dan bisa buat beli handphone baru deh :p

Berawal dari tahun 2000, tradisi ini kini diakui jadi olahraga nasional yang diakui dunia. Pesertanya datang dari seluruh dunia

Kota kecil Savonlinna yang pertama kali menggagasnya. Berawal dari event lokal pertama pada tahun 2000 silam, acara ini meluas hingga dikenal oleh khalayak dunia. Dulu, yang ikut paling cuma warga situ-situ aja. Namun acara tersebut kemudian jadi tradisi di Finlandia. Bahkan sampai-sampai mereka menggagas kontes internasional nya juga loh.

Popularitas acara lempar ponsel ini mulai meroket pada periode 2003-2006. Mulai dari tahun-tahun itu, bahkan beberapa negara lain juga ikut turut mengadakan event yang serupa dengan negara Finlandia. Mulai dari event nasional lempar ponsel di Norwegia, Swiss hingga Jerman. Hadiah utamanya adalah tiket untuk mengikuti acara internasional lempar ponsel di Savonlinna, yang nantinya di ada kan di negara Finlandia!

Inti acara ini adalah untuk memanfaatkan ponsel bekas. Karena game ini akan lebih seru kalau ponsel yang dilempar kuat sehingga tak langsung pecah, Nokia selalu jadi pilihan utama

“Kok ada-ada aja sih. Ngapain coba ponsel dilempar-lempar? Apa nggak sayang.”

Ya, pertanyaan yang sama juga pasti akan dilontarkan oleh segenap orang Indonesia saat mereka tahu mengenai ada nya berita ini. Tapi sepertinya kamu tak perlu khwatir sob, karena sejatinya mereka nggak mubazir kok. Sebab, ponsel yang mereka gunakan untuk mengikuti lomba adalah ponsel yang sudah tersedia dari para panitia pelaksan lomba. Hal itu dilakukan panitia bertujuan agar dapat meminimalisir sampah karena elektronik dari acara tersebut. Ponsel yang jadi pilihan utama acara unik ini adalah ponsel kokok seperti merek Nokia. Bermula dari banyaknya sampah ponsel rusak dan tak digunakan yang ditemukan di wilayah Savonlinna, pihak penyelenggara memilih cara kreatif ini untuk memanfaatkan sampah tersebut. Meski terkesan unik atau mungkin cenderung aneh, namun tujuan awal kontes ini ternyata cukup mulia.

Bisa dikatakan, tradisi ini dan Nokia mungkin punya simbiosis mutualisme dan saling menginspirasi satu sama lain

Melihat perkembangan ponsel sekarang yang makin ringkih, ada rasa kangen yang terbesit kepada ponsel-ponsel buatan Nokia. Kuatnya itu loh yang bikin kangen. Bahkan jatuh dari lantai 2 atau 3 sekalipun Nokia 3310 masih kokoh. Paling lecet sedikit. Tapi secara total fungsinya masih normal.

Nah, melihat adanya tradisi lempar ponsel di Finlandia ini, sepertinya kita jadi sedikit paham deh kenapa kok ponsel buatan Nokia kuatnya nggak kira-kira. Yah, kantor pusat Nokia kan memang terletak di Finlandia. Berjarak sekitar 300 Km di selatan Savonlinna, tradisi lempar ponsel dan Nokia pasti punya hubungan istimewa. Bisa jadi dari tradisi ini, fokus Nokia mengarah ke menciptakan ponsel yang kuat dan nggak gampang hancur. Yah, buktinya emang udah banyak sih kalau ponsel-ponsel Nokia kuatnya bikin geleng-geleng kepala.