Terkadang, masih banyak pria yang merasa malu untuk mengunjungi klinik kesehatan untuk menguji kesuburan sperma. Kesuburan pria memanglah jadi hal yang sensitif, akan tetapi kesuburan sperma bagi pria merupakan sebuah hal penting bagi pria untuk bisa mendapatkan keturan dengan pasangannya nanti.

Akan tetapi biasanya untuk mengecek kesuburan sperma seorang pria harus pergi ke klinik kesehatan atau ke dokter untuk uji diaknostik untuk mengetahui kualitas sperma yang seorang pria hasilkan. Ini berarti seorang pria harus menjalani analisi sperma, dan akan diminta melakukan masturbasi kedalam sebuah mangkuk untuk diserahkan kepada dokter agar segera mungkin di analisis apakah kualitas sperma tersebut subur atau tidaknya.

Setelah pemeriksaan maka hal berikutnya adalah membaca hasil analisis sperma. Dokter atau laboran akan menjelaskan mengenai kualitas sperma secara mendetail. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang akan diperiksa saat analisis sperma di lakukan.

  • Hitungan Sprema (Sperm Count). Anka yang norma untuk ini adalah 200 juta per sentimeter kubik
  • Kelincahan Gerak (Motilitas). Uji ini, yang diberi nilai dari buruk sampai yang istimewa, menyatakan tingkat aktivitas sperma. Jika sperma tidak bergerak, mereka tidak dapat sampai ke telur.
  • Morfologi. Ini memberi informasi tentang bentuk sperma. Bisa micro ( dalam hal ini berarti terlalu kecil), bisa juga makro (dalam hal ini berarti terlalu besar). Akan tetapi ukuran yang diharapkan adalah ukuran yang sedang.
  • pH. Semen harus berdifat agak basah -7,0 hingga 8.5.
  • Viskositas. Semen harus mudah dihitung.
  • Volume. Yang normal dalam hal ini adalah dua hingga sentimeter kubik (kira-kira 1/2 hingga 1 sendok teh)

Setelah nantinya semua hasil diketahui secara jelas, maka pihak dokter akan dapat menghetahui secara jelas kualitas sperma dan dapat dengan mudah menyimpulkan kondisi sperma yang sedang dihadapi saat ini. Apakah sperma tersebut subur atau tidaknya? Akan tetapi untuk melakukan hal tersebut membutuhkan waktu yang begitu lama agar dapat mengetahui hasilnya.


Namun, berkat hasil penemuan terbaru melalui smartphone, para pria sekarang ini bisa melakukan test untuk cek keseburan sperma sendiri di rumah. Jadi yang tadinya malu atau malas pergi ke klinik, dengan perkembangan teknologi yang terbaru ini sekarang nggak perlu malu lagi untuk mengerahui masalah kesuburan pada sperma.

Apa Alat Yang Digunakan Untuk Cek Kesuburan Sperma ?

Alat yang digunakan untuk cek kesuburan sperma adalah YO Sperm Test, Merupakan sebuah alat tes sperma portable yang bisa terhubung dengan smartphone untuk mengetahui kesehatan dan kualitas sperma milik para pria. Dengan alat ini, kita bisa mengetahui sperma seorang pria itu sehat atau tidak. Jadi untuk anda yang berminat untuk mengecek apakah sperma anda sehat atau tidaknya dengan alat YO Sperm Test ini akan membantu anda untuk mengetahuinya tanpa harus pergi ke klinik atau dokter dan dengan alat ini kemungkinan tidak ribet dan cepat mendapatkan hasilnya.

Cara Kerja YO Sperm Test


Cara kerja alat ini pun cukup mudah karena saat anda mempunyai alat ini sudah ada mikroskop mini yang bernama YO Clip dan alat dan bahan lainnya yang dibutuhkan untuk uji sempel sudah tersedia untuk membantu anda.

YO Clip yang langsung terhubung dengan kamera smartphone dan selanjutnya akan mendeteksi pergerakan sperma sekaligus menghitung serta menampilkan aktivitasnya melalui layar smartphone. Jadi tidak usah repot menjepit lensa pada kamera smartphone yang anda miliki. Nantinya, hasil analisis YO Sperm Test akan keluar dan tersimpan aman dibagian My Test Result. dan Kini anda bisa mengetahui kesuburan sperma anda dengan mudah dan cepat.

Gimana menurut anda dengan menggunakan alat YO Sperm Test bisa mengetahui kesuburan sperma dengan mudah, anda berminat untuk memilikinya? Kabarnya alat YO Sperm Test ini sudah mulai dijual melalui Medical Electronic System dengan harga yang tidak bigutu mahal, yaitu sekitar $50 atau Rp.668 ribu. Gimana dengan harga yang terjangkau alat ini juga bermanfaat bagi anda bukan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat cara kerja YO Sperm Test melalui video dibawah ini.

Mungkin ini yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini. Sampai disini dulu ya, Semoga dengan artikel ini anda dapat memetik kesimpulan yang bermanfaat dan positif 🙂