Kita hidup di era selfie foto diri sendiri yang diambil instan dengan ponsel pintar atau kamera dan dibagi-bagikan ke publik lewat berbagai jejaring sosial yang ada. Walaupun selfie baru meraih puncak kepopuleran selama dua tahun belakangan, Namun perjalanan foto seorang diri ini udah mulai dikenal dari ratusan tahun yang lalu, lho. Nah, sementara para pakar fotografi masih berdebat apakah selfie bisa menjadi salah satu genre fotografi sendiri setara dengan still life, travel atau macro photography. Nohhh, buat kalian yang kurang percaya mari kita simak gimana dulunya self-photogrph berevolusi menjadi selfie. Cekidotttttt….

Tahun 1839, foto seorang diri dalam sejarah

Tuh, gerakan memotret diri sendiri sebenarnya udah dimulai 175 tahun yang lalu. Robert Cornelius, pelaku utanmanya adalah seorang pionir teknologi fotografi yang berasal dari Amerika, menjepret dirinya sendiri menggunakan teknik daguerreotype. Potretnya tersebut kemudian dikenal sebagai potret seorang diri pertama dalam sejarah. Karena proses daguerreotype butuh waktu yang lama buat menangkap gambar, Robert masih sempat mengeset kamera, membuka tutup lensa, lalu berlari ke depan kamera dan menahan pose. Setelah 1 menit atau lebih dia menahan posenya, dia kembali bergegas menutup lensa kamera. Haha, kalau buat selfie aja seribet ini, kamu bakal tetap mau selfie, nggak?

Ditahun 1990an, mulai muncul kamera kodak brownie

Di bulan Februari 1900, Eastman Kodak memperkenalkan seri pertama kamera kotak Brownie. Bentuknya sangat sederhana sob, hanya sebuah kotak yang berbahan kertas dus dengan lensa meniskus dan rol film 117. Kamera ini bikin memotret jadi lebih mudah dan murah, karena bentuknya yang simpel dan harganya yang sangat terjangkau. Popularitas Brownie menyebabkan tren orang mengambil gambar dirinya sendiri. Namun karena kamera ini masih terlalu berat untuk digunakan berselfie. Maka kamera Brownie lebih sering dilakukan di depan cermin.

Ditahun 1960an, self-photograph makin populer hingga dilakukan diluar angkasa

Nah, memasuki era 60-an, ukuran kamera semakin kecil dan harganya pun semakin terjangkau. Alhasil, kegiatan memotret diri jadi semakin populer. Namun beda dengan selfie zaman sekarang, memotret diri pada tahun 60-an masih didasari oleh niat dokumentasi menangkap momen penting tanpa ada tendensi buat pamer. Contoh selfie yang terkenal dari dekade ini adalah yang dibuat oleh astronot Edwin Buzz dan Aldrin falam penjelajahan pesawat Apollo di luar angkasa. Ini sepenuhnya dilakukan untuk mengenang momen lompatan besar bagi umat manusia.

Ditahun 2002, istilah selfie digunakan untuk pertama kali

Setidaknya, demikian klaim orang-orang Australia. Negeri Kangguru itu emang dikenal karena kebiasaan mereka menambahkan akhiran “-ie” atau “-y” di ujung sebuah kata benda: ‘Fire officer’ jadi ‘Firie’, ‘ear’ jadi ‘earie’, dan ‘self’ jadi ‘selfie’. Tapi siapa sebenarnya yang mencetuskan istilah ini pertama kali? Pada 13 September 2002 dini hari, Nathan Hope (sebut saja Hopey, karena dia Aussie) mengeluhkan jahitan yang tersemat di bibirnya pada sebuah forum online.

Ditahun 2004-2009, hastag selfie mulai diperkenalkan flickr, sementara facebook mengungguli myspace

Kalau orang Australia mengklaim bahwa ‘selfie’ berasal dari forum on-line di negeri mereka, orang Amerika menggadang situs berbagi gambar Flickr sebagai yang pertama yang mempopulerkan istilah tersebut. Flickr menggunakan istilah ‘selfie’ untuk mendeskripsikan foto diri yang di-posting para remaja putri, yang jumlahnya memang banyak di situs terbut.

Secara umum, perkembangan selfie pada masa-masa ini gak bisa dilepaskan dari laju pertumbuhan pengguna jejaring sosial. Awalnya, pengguna internet harus puas dengan MySpace Pic yang hamya bisa menampilkan foto beresolusi rendah. Kebanyakan gambar di MySpace pun buram dan silau karena flash yang berlebihan. Kemudian, Facebook muncul dan menawarkan pengalaman tampilan foto yang lebih baik. Hadirnya Facebook, diiringi meningkatnya kualitas kamera poket secara umum, pada akhirnya mendorong lebih banyak orang untuk bereksperimen dengan selfie.

Ditahun 2010, apple merilis iphone 4

Kualitas selfie semakin membaik di awal 2010-an, berkat manuver dari Apple. Bagaimana bisa iPhone 4 bisa mempengaruhi perkembangan selfie? Jadi, perusahaan inovasi Amerika ini mengadopsi teknologi kamera depan yang udah duluan populer di ponsel buatan Jepang dan menjadikan kamera ini sebagai alat bantu utama bagi penggunanya mengambil gambar selfie. Pada bulan Oktober 2010, sebuah layanan berbagi foto secara instan diluncurkan. Situs ini nantinya akan menjadi sarang bagi foto selfie dari seluruh dunia.

Di tahun 2013, selfie word of the year versi oxford dictionary

Walaupun istilah ini udah muncul lebih dari satu dekade yang lalu, baru ditahun 2012-2013 lah selfie mendapat perhatian secara global. Dalam satu tahun, penggunaan kata ‘selfie’ meningkat hingga 17.000%. Majalah TIME pun menyebut ‘selfie’ sebagai salah satu kata yang paling sering didengungkan tahun itu. Berkat kecanggihan aplikasi ponsel pintar yang didukung kamera berkualitas, mengunggah selfie menjadi lebih mudah dan makin ‘enak dipandang mata’. Maka gak heran kalau Oxford Dictionary memasukkan selfie ke dalam kosakatanya, dan menyematkan predikat Word Of The Year kepada ‘Selfie’.

Ditahun 2014 hingga saat ini, instagram menjadi rumahnya selfie

Saat ini, Instagram menjadi layanan favorit buat berbagi foto selfie. Aplikasi ini jadi sangat populer karena mengizinkan penngunanya untuk mengedit, memberi filter, dan mengunggah foto secara praktis. Instagram sendiri bertanggung jawab atas lahirnya iPhoneography. Sejak Januari 2013 foto bertagar #selfie digunakan sekitar 34 juta kali ke aplikasi ini. Ini belum termasuk tagar #selfies, #selfiesunday, #selfiesaturday dan selfie bla bla bla lainnya. Untuk kebutuhan impulsif selfie kamu, Instagram adalah pilihan yang paling tepat!

Tuh, semoga penjelasan singkat di atas bisa memperkaya pengetahuanmu tentang selfie, ya. Jangan cuma bisa selfie doang…kamu harus tahu sejarahnya juga!