Mahkluk yang diprediksi akan muncul pada akhir zaman dapat kita lihat dalam kamus bahasa. Nah, berbicara mengenai akhir zaman, maka istilah Burag sudah pasti akan kita temukan. Yaps, burag sendiri diartikan sebagai binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw, binatang ini berbentuk seperti kuda bersayap kiri dan kanan. Dan didalam pemakain kata umum, burag itu berarti burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan dengan burung dari SURGA atau bird of paradise. Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahasa tentang mahkluk yang akan muncul pada akhir zaman dan berikut inilah mahkluk-mahkluk yang akan muncul pada saat akhir zaman.

Dajjal

Dajal adalah seorang tokoh kafir yang jahat dalam Eskatologi Islam, ia akan muncul menjelang Kiamat. Dajjal pembawa fitnah di akhir zaman, menurut Al-hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: “”Sejak Allah swt menciptakan Nabi Adam a.s. sampai ke hari kiamat nanti, tidak ada satu ujian pun yang lebih dahsyat daripada Dajjal” Nabi Muhammad SAW mengingatkan para pengikutnya untuk membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi sebagai perlindungan dari Dajjal dan kalau bisa berlindung di kota Madinah dan Mekkah, karena Dajjal tidak akan pernah bisa masuk kota tersebut yang dijaga oleh para malaikat.

Rasulullah juga mengingatkan para pengikutnya untuk berdoa, “Ya Allah! Aku berlindung dengan-Mu dari bencana Dajjal.” Dia juga menyatakan tidak ada musibah yang lebih hebat daripada bencana yang ditimbulkan Dajjal sejak penciptaan Nabi Adam hingga Hari Kebangkitan.

Dabbat al-Ard

Dabbat al- ard merupakan maakhluk melata yang berbentuk aneh, dikatakan bahwa Dabbat berbentuk seperti sapi yang tegak berdiri dan mampu berbicara, ia membawa Tongkat Nabi Musa, Cincin Nabi sulaiman dan sebuah stempel.

Ia muncul kebumi setelah manusia dalam keadaan yang aman semenjak berakhirnya Dajjal dan Ya’juj dan Ma’juj, ketika itu manusia kembali bermaksiat dan menyimpang, sehingga keluarlah makhluk ini, ia pergi menemui tiap-tiap manusia untuk menanyakan apakah mereka mengakui keberadaan tuhan mereka.

Jjika manusia tersebut menjawab ya maka Dabbat akan mencapnya adengan stempel kebaikan pada dahinya, namun jika manusia tersebut menjawab tidak mengakui adanya keberadaan tuhan, maka Dabbah akan mencapnya dengan stempel keburukan, tidak ada yang tahu secara pasti seperti apa makhluk melata yang bernama Dabbat ini.

Ya’juj dan Ma’ju

Setelah Dajjal terbunuh manusia akan kembali tenang dan damai, semua penuh kebahagiaan bagaikan cahaya terang muncul dan menyinari tiap-tiap manusia saat itu, namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, setelah kematian Dajjal muncul makhluk pengacau baru yang lebih kejam bahkan jumlahnya berkali-kali lipat melebihi jumlah manusia saat ini, mereka bernama Ya’juj dan Ma’juj, merekaa merupakan 2 kaum yang memberikan kekacaukan menjelang hari akhir tiba.

Tidak ada  yang tahu pasti berupa sepeti apa Ya’juj dan Ma;juj ini, ada yang mengatakan bahwa mereka merupakan manusia yang kejam yang berjumlah berkali-kali lipat dari jumlah manusia pada saat ini, segala hal yang terlihat oleh mereka akan mereka porak-porandakan, bahkan lautan pun bisa mereka buat kering karena sangat banyaknya jumlah mereka.

Namun coba kita logikakan, mungkinkah 2 kelompok manusia ini lebih banyak jumlahnya dari manusia sekarang bahkan berkali-kali lipat jumlahnya? Mungkinkah manusia mampu menjadikan laut menjadi kering kerontang? Tentu tidak masuk akal, oleh karena itu Ya’juj dan Ma’juj masihlah menjadi misteri, bahkan mereka di ilustrasikan berupa monster ganas yang berukuran besar.

Ya’juj dan Ma’juj kelak akan mengacaukan bumi dan seisinya, sehingga membuat semua manusia ketakutan, ketika itu Nabi Isa akan menuju ke gunung Tur dan berdoa kepada tuhan agar diberikan pertolongan, maka seketika itu juga tuhan memberikan pertolongan berupa ulat-ulat yang keluar dari leher mereka dan menggigit mereka sehingga mereka mati secara serentak dalam waktu yang sama.

Setelah Ya’juj dan Ma’juj mati penderitaan tidak berhenti sampai di situ saja karena bangkai mereka yang begitu banyak sehingga menimbulkan aroma yang sangat busu dan menyengat, lalu ketika itu Nabi Isa kembali berdoa kepada Tuhan, kemudian Tuhan pun mengirimkan burung-burung bangkai yang membawa bangkai mereka ketempat yang jauh sehingga bau menyengat itupun menghilang.

Azazil

Azazil adalah nama asli dari Iblis yang merupakan bapak dari bangsa jin, sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa nama asli Iblis adalah al-Harits.

Menurut syariat Islam Azazil adalah pemimpin kelompok syaitan dari kalangan jin dan manusia. Menurut keyakinan agama Islam bahwa sebelum diciptakannya Adam, Azâzîl pernah menjadi Imam para Malaikat (Sayyid al-Malaikat) dan Khazin al-Jannah (Bendaharawan Surga) Sebelum dilaknat oleh Allah, Azazil memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat karubiyyuun dan masih banyak lagi.

Setelah ia enggan untuk bersujud kepada Adam, Allah mengubahkan mukanya pada asalnya yang sangat indah cemerlangan menjadi bentuk seperti babi hutan.

Allah mengubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya.

Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai. Azâzîl diberi umur hingga hari akhir kiamat. Dengan janji untuk menyesatkan manusia sebanyak mungkin dan menemaninya di neraka Jahannam kelak.

Begitulah Allah ciptakan makhluk dan keajaiban-keajaiban pada akhir zaman, bahwa apa yang difirmankan Nya merupakan bukti-bukti akan kebenaran Nya, semoga diberkahi.