Kalau lagi lihat berita di internet, kayaknya hampir nggak ada bulan tanpa berita yang bernuansa mistis dan gore, iyakan? Nah, parahnya berita-berita semacam itu justru sering banget diangkat oleh portal-portal berita ternama kelas wahid. Padahal, berita-berita semacam itu mungkin nggak penting buat kehidupan bermasyarakat. Bahkan, kadang kebenarannya masih perlu untuk kita pertanyakan.

Yah, walaupun memang harus kita akui, bahwa masyarakat kita memang cenderung ngebaca berita-berita yang diluar nalar yang bikin hidup ini jadi fantastis bak kisah harry potter. Sebagian besar dari kita sejak kecil dididik dengan mitos-mitos yang irasional. Well, tak heran kalau berita-berita lintas malam selalu laku di baca.

Nah, pertanyaanya apa aja sih berita bombastis dan fantastis yang pernah bikin heboh Indonesia? Ini dia guys, serangkaian berita nggak logis yang pernah ngewarnain media massa dan media sosial kita.

Kuntilanak Nggak Suka Tawuran

Beberapa minggu yang lalu, netizen dihebohin sama penampakan makhluk gaib di atas orang-orang yang lagi berantem di daerah Manggarai. Sosok yang dduga kuntilanak ini melayang terbang menjauhi para perusuh sambil mengepakkan jubahnya di angkasa. Diduga, kuntilanak ini ngerasa muak dengan keributan yang ada dan memutuskan buat pergi ke tempat yang lebih sepi.

Ya, kuntilanak aja malas sama kerusuhan. Namun, ini bukan berarti kita harus ribut dan rusuh setiap hari supaya enggak ada setan di dunia ini. Justru, kita harus mempertanyakan integritas kita sebagai manusia, kenapa makhluk gaib aja bisa sampai malas sama kita. Nah, coba lo amati video di atas. Menurut lo, sosok yang terbang itu benar-benar kuntilanak, bukan?

Orang Makan Ayam Hidup

Siapa sih, yang enggak suka makan ayam? Semua restoran cepat saji aja nyajiin daging ayam. Tentunya, ayam-ayam itu udah digoreng dengan cara yang layak dan dengan bumbu yang lezat. Namun, Miskaulah malah enggak suka sama ayam yang dimasak. Cewek berusia 38 tahun itu cuma doyan ayam hidup! Selain itu, Miskaulah juga suka minum darah ayam. Kebiasaan ini jelas bikin keluarganya bingung. Bahkan, ada yang menduga bahwa Miskaulah kesurupan.

Kebiasaan ini berawal saat Miskaulah masih kecil. Dari umur 9 tahun, saat ikut bokapnya ke sawah, Miskaulah doyan banget makan jangkrik, ikan dan apa pun yang hidup-hidup. Akhirnya, kebiasaan ini berlanjut saat dia dewasa dengan makan ayam hidup. Akibat kondisi ini, Miskaulah harus ngejalanin terapi. Walaupun belum bisa menghilangkan kebiasaan unik ini, setidaknya, Miskaulah udah ngurangin jumlah ayam yang dia makan, dari 3—4 kali sehari jadi 1-2 kali sehari. Berikut ini gue udah siapin videonya. Namun, sebelum lo ngelihat, pastiin dulu kalau lo kuat mental, ya.

Keranda Terbang

Salah satu kabar mistis yang menghebohkan datang dari Depok. Yap, kota satelit Jakarta ini senantiasa menyimpan cerita-cerita aneh nan unik, termasuk cerita tentang keranda terbang. Sayangnya, enggak pernah ada foto tentang kejadian yang beredar di daerah Sawangan ini. Cerita keranda terbang pun gencar beredar dari satu mulut ke mulut lain. Makanya, banyak orang yang enggak percaya dan nganggap kalau kisah ini sekadar urban legend yang disebar buat nakut-nakutin dan bikin heboh.

Meskipun kebenarannya enggak bisa dipastiin, kejadian ini lumayan ngaruh buat banyak orang, loh. Mereka jadi ketakutan buat keluar rumah, terutama setelah ada orang di sekitar yang meninggal dunia. Yah, kalau gue pikir sih, enggak perlu takut sama keranda terbang. Soalnya, bagi pocong, jalan aja udah susah, apalagi ngendarain keranda sampai terbang Haha..

Persalinan Dibantu Kuntilanak

Bagi ibu hamil, persalinan adalah hal yang mendebarkan. Soalnya, bagaimanapun cara bersalinnya, baik cara biasa atau pun caesar, ibu hamil bakal ngerasain kesakitan yang amat sangat saat si utun alias jabang bayi mau keluar. Makanya, lo harus hormat sama nyokap lo. Buat ngelahirin lo aja, harus berjuang setengah mati, perlu bantuan dokter, bidan atau pun dukun beranak.

Nah, coba bayangin. Apa jadinya kalau yang ngebantuin persalinan nyokap lo adalah sosok gaib bernama kuntilanak? Sempat tersiar kabar, seorang ibu di Boyolali, Jawa Tengah, mengalami hal itu. Di RSUD Banyudono yang udah lama enggak dipakai, ibu itu melahirkan dengan dibantu kuntilanak! Kabar ini awalnya beredar di Facebook dan diangkat oleh beberapa media. Percaya enggak percaya sih, tapi rumah sakit itu memang udah dikenal angker sejak berpuluh-puluh tahun lalu oleh masyarakat sekitar.

Penangkapan Tuyul Mirip Alien

Tuyul enggak cuma punya Mba Yul. Pada akhir Desember 2016 lalu, di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, beredar kabar tentang penangkapan tuyul dalam seonggok tabung. Kalau pernah nonton film E.T., pasti lo ngerasa kalau si tuyul ini mirip banget sama makhluk extra–terrestrial. Berita ini pun bikin hidup ini jadi enggak terasa membosankan karena ada kehidupan lain di luar Bumi!

Sayangnya, polisi udah menegaskan bahwa alien tuyul berair yang mirip jabang bayi ini cuma boneka yang dihias sedemikian rupa. Penemunya pun udah ngaku kalau dia cuma iseng. Padahal, media udah telanjur memberitakan hal ini besar-besaran dan banyak orang awam percaya.

Meskipun kita tumbuh dengan cerita-cerita mistis di sekitar, bukan berarti harus percaya begitu aja. Sebagai netizen yang bijak, ada baiknya lo enggak ikut-ikutan nyebarin berita yang kebenarannya belum jelas. Kalau mau hiburan buat menghilangkan rasa bosan, mending nonton film di bioskop daripada berpartisipasi dalam kehebohan yang enggak berfaedah.