Sekarang SBMPTN sedang lagi jadi bahan perbincangan di kalangan calon mahasiswa baru. Banyak anak SMA dan SMK yang baru lulus sekolah sudah berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri untuk masuk perguruan tinggi lewat jalur SBMPTN. Tahun 2017 ini kuota SBMPTN semakin bertambah dan banyak calon mahasiswa yang deg-degan untuk mengikuti ujian SBMPTN. Banyak dari mereka yang takut gagal SBMPTN karena untuk masuk PTN sangatlah susah dan saingannya banyak. Apakah lo termasuk seperti mereka? Kalau gagal SBMPTN harus ngapain dong? Tenang, lo bisa lakukan hal-hal berikut ini ketika lo menghadapi sebuah kenyataan pahit yang menyatakan bahwa lo harus gagal SBMPTN.

Ikut Tes Mandiri Universitas

SBMPTN bukan jalur masuk PTN yang terakhir. Masih ada beberapa Universitas yang belum ngadain ujian mandiri. Jadi, lo bisa tuh pantau informasi di website resmi Universitas yang lo tujuh. Misalnya, lo bisa buka website Universitas Negeri Semarang yang ternyata ngadain ujian mandiri tanggal 23 Juli nanti. Pendaftarannya memang di mulai pada 1 Juni sampai 14 Juni 2017, dengan kata lain memang sebelum pengumuman SBMPTN keluar. Yahh, setidaknya lo bisa berjaga-jaga dengan mendaftarkan diri lo dulu untuk ikut ujian mandirinya, supaya lo tetap bisa berjuang dapetin Universitas negeri pada tahun ini.

Ikut Kursus Persiapan SBMPTN Tahun Depan

Nah sob, kalau lo enggak sempat buat daftar ujian mandiri Universitas yang lo pengen banget, lo bisa mulai kembali perjuangan lo dari awas dengan cara, lo harus mendaftarkan diri lo ikut kursus persiapan ujian untuk alumni. Nah, gua rasa sih setiap bimbel pasti ada tuh program untuk alumni yang mau ikut SBMPTN tahun depan. Positifnya, kali ini lo punya waktu satu tahun untuk belajar dan mempersiapkan diri lo. Bisa jadi lo bakal dapatin jurusan yang lebih tinggi passing gradenya dibanding yang lo pilih dulu. Yahh, asal lo mau usah aja sih, gua sih yakin pasti ada jalan untuk lo yang mau usaha.

Daftar Kuliah Kampus Swasta di Dalam ataupun Luar Negeri

Enggak lulus SBMPTN jangan sampai menyurutkan niat lo untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Lo bisa lanjut berkuliah di kampus swasta, baik dalam ataupun luar negeri. Banyak beasiswa yang bisa lo ikuti. FYI, banyak tipe beasiswa loh. Enggak cuma beasiswa akademis aja. Enggak jarang beberapa kampus swasta terkenal memberikan beasiswa buat lo yang punya prestasi di bidang nonakademik, kayak olahraga ataupun di bidang kesenian. Intinya lo harus terus berusaha dan mengasah apapun bakat yang lo miliki.

Langsung Kerja Juga Bisa Kok

Bener nih lo udah pasrah benget? Yaudadeh kalau emang lo udah pasrah. Gimana kalau lo langsung kerja aja. Sekarang kan lulusan SMA dan SMK udah bisa diterima kerja di beberapa perusahan. Walaupun lo hanya lulusan SMA atu SMK tak perlu khwatir, lo tetap masih punya peluang kok. Yahh, walaupun dinegara kita termasuk salah satu negara yang memiliki lapangan kerja yang sempit. Akan tetapi, nggak ada salahnya juga buat lo mencoba untuk mencari pekerjaan. Lo bisa tuh cari pekerjaan lewat situ pencari lowongan kerja, lewat aplikasi pencarian lowongan kerja juga bisa atau lo tanya-tanya deh sama saudara lo, teman, pacar dan tetangga-tetangga lo. Jenis pekerjaan yang bisa lo cari, seperti full time, part time dan freelance. Kan lumayan penghasilannya bisa buat nambah-nambah biaya kuliah lo nanti atau buat biaya hidup lo sehari-hari.

Cari-cari Pengalaman Selain Bekerja

Udah, lo nggak usah galau mulu deh! Mending lo cari aktifitas yang bikin hari-hari lo happy. Hmmm, kira-kira apa ya? Cari-cari pengalam yuk. Selain cari kerja, lo bisa cari-cari pengalaman dengan ikut program magang. Contohnya, lo bisa ikutan kegiatas organisasi, jadi volunteer dan lain-lainnya. Coba deh lakuin aktivitas-aktivitas yang bermanfaat yang bisa bikin lo senang dan beban kegalauan lo bisa hilang. Lebih seru lagi kalau lo ajak saudara lo atau pacar lo. Senang-senangnya gak cuma sendiri, bisa senang dan seru-seruan bareng mereka.

Yang Terakhir Lo Coba Deh Untuk Menekuni Hobi Lo

Yahh, kegiatan lain yang bisa lo lakuin adalah dengan menekuni hobi lo. Coba deh untuk lo kembangkan dan tingkatkan hobi yang lo punya, manatau bisa bermanfaat untuk orang-orang yang ada disekitar lo. Hobi yang bisa lo tekuni bisa lo mulai dari hobi yang murah sampai dengan hobi yang mahal sekali pun. Yahhh, paling tidak ada aktifitas lain yang bisa lo kerjakan untuk menghilangkan rasa galau, rasa sedih dan kekecewaan selepas lo gagal SBMPTN. Kan mungkin aja dengan lo menukuni hobi yang lo punya bisa mendapatkan penghasilan lo.

Well, jadi initinya diartikel gue kali ini. Enggak ada alasan apapun untuk lo bermalas-malasan setelah lo enggak lulus SBMPTN. Sebab, masih banyak banget lho hal yang bisa lo lakuin dan masih banyak jalan menuju Roma, eh maksud gue menuju bangku perkulihan HEHE. So, jangan gampang menyerah dan harus tetap semangat guys! Yah, dengan lo enggak lulus SBMPTN bukan berarti itu akhir dari kisah hidup lho. SELAMAT MENCOBA SOB!