Buat kalian yang suka menulis dan membuat blog pastinya punya cara tersendiri untuk mendapatkan inspirasi dalam mengemas tulisan sebelum dijadikan sebuah artikel yang menarik. Nah, pada artikel kali ini gue mencoba memberi informasi mengenai hal sedemikian. Dimana kalaian yang tertarik membuat artikel yang natural dapat lebih mudah menemukan ide. Yaps, mungkin setiap orang akan berbeda dalam menggali ide tapi mungkin saja beberapa hal ini dapat membantu kalian semua.

Terlebih jika kalian suka menulis dan mengurangi kecemasan dalam hidup. Jadi lebih rileks dan tidak muda lupa juga, pokoknya menulis itu sebenarnya menyenangkan banget lho guys. Mungkin saja kalian yang saat ini sedang membaca artikel gue ini langsung berpikiran untuk membuat artikel dan menemukan ide yang bagus. Nah guys, sebenarnya semua hal bisa aja lho kita jadikan sebuah artikel. Berikut adalah berbagai macam hal dalam mencari sumber ide menulis:

Kebiasaan sehari-hari yang dilakukan

Kalau ngomongin soal rutinitas, pastinya akan membosankan banget karena setiap hari akan melakukan hal yang sama. Rasa jenuh pastinya akan muncul dari setiap orang yang mengalami hal ini. Anak sekolah yang setiap hari akan pergi ke sekolah, pekerja yang setiap hari pergi ke kantor. Sama halnya kayak pacaran 1-3 bulan sih masih adem ayem dan manja-manjan, nah coba kalau udah lewat beberapa tahun. Walaupun banyak yang masih bertahan tetapi ada juga yang minta putus, bahkan mendua.

Mulai dari rutinitas yang terjadi pada kehidupan kalian pribadi, mulailah mencari sesuatu yang bisa ditulis dari rutinitas tersebut. Kecemasan kali dalam berkaris misalnya, apakah kalian yang sekarang akan sama dengan kehidupan kalian 10 tahun mendatang. Dengan mengerjakan hal yang sama dan duduk di bangku yang sama? Nah, kekhawatiran ini bisa menjadi bahan tulisan kali dan membagikannya pada orang banyak.

Pengalaman seseorang yang dimiliki

Pengalaman memang guru terbaik bukan? Well, nggak ada salahnya belajar dari pengalam orang lain sehingga kalian lebih berhati-hati jika dalam posisi orang yang pernah mengalaminya.  Contohnya, seperti kisah cinta yang akhirnya happy ending sampai dengan cinta yang berakhir patah hati.

Sebenarnya gak selalu soal cinta juga bisa kok, pengalaman juga bisa hal-hal lain. Misalnya saat tidak naik kelas, ataupun mendapat nilai terbaik di sekolah bahkan beasiswa. Semuanya bisa dikemas dan dibagikan kepada orang banyak, siapa tahu dari kalian yang tidak naik kelas tersebut menjadi orang yang lebih peka. Kalau sekarang sih kebanyakan mahasiswa yang salah jurusan, tapi salah jurusan belum tentu salah masa depan kan.

Kejelian dan sudut padang setiap orang

Nah guys, tahap berikutnya adalah dimana kalian dapat melihat sesuatu yang berbeda dari biasanya. Kalau dipoint pertama kaliam melihat dari rutinitas yang kalian lakukan sendiri. Beda hal kalau disini, kalai bisa melihar dari rutinitas orang lain atau teman kalian sendiri. Jika kalian adalah seorang pelajar, kalian bisa juga menulis tentang penatnya lingkungan kantor apalagi kalau kena marah boss.

Inspirasi datang dari kegiatan apapun

Sejatinya ide menulis bisa datang kapan saja dan dimana saja, bahkan saat kalian bertemu dengan sahabat-sahabat tercinta, mulai dari ngobrol bareng sampai group selfie rame-rame. Saat itu lah kalian bisa menceritan kebiasaan unik teman-teman kalian, dimana ada yang sibuk foto selfie, ada yang sibuk makan dan ada juga yang ngga bisa lepas dengan smartphone nya. Kalian juga bisa mencermati dan membahas bagaimana sahabat kalian dalam memilih smartphonenya. Seperti warna hitam yang menjadi warna favorit bagi sebagian banyak orang, tidak hanya terlihat lebih elegan tapi warna hitam memang muda seleras dengan berbagai macam fashion yang kita gunakan.

Kalian juga bisa membuat tulisan mengenai perjuangan temen kalian akan menabung membeli smartphone tersebut. Sehingga kalian bisa menulis mengenai tips-tips menabung dengan baik dan benar untuk membeli smartphone. Mulai dari hal-hal sederhana yang dilakukan, siapa tahu tips-tips tersebut berguna juga untuk orang lain. Mungkin saja ada juga yang melakukan hal yang sama seperti yang kalian lakukan. Bisa jadi menjadi inspirasi buat orang lain.

Liburan dan rekreasi membantu kalian mencari inpirasi

Hal yang paling menyenangkan dan ditunggu tapi paling sulit nyari waktunya guys terutasm buat kalian yang udah bekerja. Nah, buat yang masih sekolah atau kuliah sih pastinya lebih mudah karena saat libur tiba akan merencanakan liburan bersama dengan teman-teman. Buat yang udah kerja ada juga yang begitu tetapi ada juga yang masih berkeluh kesah dengan kerjaan di kantor yang mengharuskan lembur di hari libur. Bahkan untuk beberapa orang saat hari libur dijadikan hari untuk berisitirahat. Tapi lebih baik jika ada kesempatan pakai hari libur tersebut untuk merasakan liburan berekreasi.

Hal ini membuat pikiran menjadi fresh kembali dan pastinya membuat pikiran menjadi rileks dan tenang. Tanpa tugas sekolah, kampus atau kerjaan kantor yang menumpuk. Setelah liburan rasa bahagia dalam diri pasti akan muncul dan ingin segera merasakannya lagi. Sehingga inspirasi akan lebih mudah datang ketika pikiran sudah fresh kembali

Gue sih yakin banget kalau orang yang sering membuat blog tentu mempunyai caranya mansing-masih dalam menggali ide. Well, semoga aja tips dari gue ini dapat bermanfaat buat kalian semua.