Yogurt probiotik yang bisa anda temukan di pasaran merupakan jenis makanan yang terbuat dari fermentasi susu dikemas dengan probiotik bermanfaat dan merupakan sumber dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Yogurt telah dikenal sebagai makanan superfood yang juga mengandung asam lemak omega-3, protein, kalsium, magnesium, kalium, vitamin D, vitamin K2, enzim, dan probiotik.

Yogurt bisa dibuat dari beberapa jenis susu seperti susu domba atau susu kambing, tetapi yang paling terkenal adalah yang terbuat dari susu sapi. Sejak zaman dahulu, yogurt banyak digemari karena selain rasanya yang lezat, minuman ini memiliki tekstur yang kental dan memiliki banyak kegunaan serta manfaat.

Disamping dari fakta lezatnya makanan tersebut, terdapat pula fakta lain kenapa yogurt probiotik sangat baik untuk kesehatan anda. dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Research menunjukkan bahwa asupan yogurt dapat memperbaiki kualitas pola makan secara langsung, kesehatan metabolisme, dan memiliki tekanan darah serta kadar trigliserida yang lebih sehat.

Oleh karena itu, sudah terbukti bahwa yogurt merupakan makanan yang dapat memberikan anda kesehatan secara keseluruhan. Dimulai dari manfaatnya dalam memberikan kesehatan terhadap pencernaan anda, berikut adalah 10 manfaat kesehatan yang dapat diberikan yogurt untuk anda.

Mendukung Pencernaan yang Sehat

Bakteri baik yang dicampurkan ke dalam yogurt dapat membantu memperbaiki mikroflora di dalam perut anda, dimana bertanggung jawab terhadap pencernaan dan saluran pencernaan yang sehat. Kultur aktif ini juga dapat membantu anda melawan kondisi gangguan pencernaan seperti kanker usus besar, sindrom iritasi usus besar, konstipasi, diare, dan intoleransi terhadap laktosa. Banyak orang yang menderita intoleransi terhadap laktosa dan menemukan bahwa yogurt menjadi minuman yang menenangkan.

Menurunkan Resiko Terkena Diabetes Tipe-2

Dalam penelitian baru-baru ini menemukan bahwa asupan tinggi dari yogurt probiotik secara langsung telah dikaitkan dengan penurunan resiko dari berkembangnya diabetes tipe-2. Yogurt mendukung pencernaan dan penyerapan nutrisi melalui sistem pencernaan.

Menurunkan Resiko Terkena Kanker Kolorektal

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 45.000 orang yang dipublikasikan di International Journal of Cancer, menuliskan bahwa asupan yogurt telah terbukti dapat menjaga anda dari kanker kolorektal. Dengan mengkonsumsi yogurt anda bisa memiliki saluran pencernan yang lebih sehat karena kandungan probiotik dan bakteri baik di dalamnya.

Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Menurut Jeri Nieves, Ph.D, MS, seorang direktur dari Bone Density Testing Helen Hayes Hospital di New York mengatakan bahwa mikronutrisi memainkan peran penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis. Jenis mikronutrisi yang paling penting adalah kalsium dan vitamin D. Kombinasi dari kalsium dan vitamin D telah terbukti memiliki manfaat yang sangat menakjubkan dimana bisa anda dapatkan dalam yogurt.

Mendukung Penurunan Berat Badan

Menurut University of Tennessee di Knoxville, yogurt juga ternayta dapat meningkatkan hilangnya lemak dalam tubuh. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa asupan yogurt antara 3 hingga 6 ons per hari selama 12 minggu dapat membuat seseorang kehilangan lemak dua kali lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa probiotik yang terdapat dalam yogurt dan produk susu fermentasi lainnya dapat memperbaiki sistem kekebalan mukosa usus dengan meningkatkan sel penghasil sitokin di usus anda. Bagi orang dewasa, yogurt probiotik dapat membantu menjaga agar saluran pencernaan anda terbebas dari bakteri penyebab penyakit.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Yogurt mengandung lebih dari 600 mg kalium setiap 8 ons. Kalium dipercaya dapat mengurangi reabsorpsi natrium, sekaligus mempengaruhi fungsi sel sistem saraf yang penting dalam menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan jantung.

Mengatur Suasana Hati

Banyak penelitian yang telah membahas mengenai efek yogurt terhadap saluran pencernaan dan kadar gula darah anda, namun ternyata kesehatan usus anda juga berhubungan langsung dengan suasana hati anda. Dalam sebuah penelitian dari UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi yogurt probiotik secara teratur terlihat memiliki kontrol emosi yang lebih baik dan lebih jarang terkena kecemasan.

Membantu Mengobati Sakit Kronis dan Penyakit Terkait Otak

Dalam sebuah penelitian yang disebutkan diatas, para peneliti juga menemukan bahwa probiotik memiliki potensi dalam membantu mengatasi penyakit kronis, penyakit parkinson, alzheimer, dan autisme. Antibiotik memang ditujukan untuk membunuh bakteri jahat, tetapi juga dapat membunuh bakteri sehat di dalam usus anda. Maka dari itu, para peneliti tersebut menyarankan anda untuk selalu mengkonsumsi yogurt atau makanan probiotik lainnya setelah memakan obat antibiotik.